TUGAS
PENGAJARAN MEMBACA
MENYUSUN
BAHAN TES MEMBACA PEMAHAMAN
BERDASARKAN
TAKSONOMI BARRET
DOSEN
PENGAMPU : AYU WULANDARI, S.Pd., M.Pd.
![]() |
OLEH
:
NAILA
NIHAYAH
1710301003
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TIDAR
2018
I.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C, atau D, dengan cara
menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!
1.
Bacalah teks berita di bawah ini!
Teks berita I
Puting beliung menyapa
Wilayah Kabupaten Pangandaran, Sabtu (26/5). Musibah itu menyebabkan 27 rumah
rusak.
Teks berita II
Bertempat di Auditorium
Kampus Universitas Tidar sedang dilangsungkan acara seminar kewirausahaan,
Sabtu (26/5). Acara tersebut diikuti 1000 peserta dari berbagai mahasiswa dari
kampus di Jawa. Pembicara pada kegiatan tersebut adalah Ippho Santosa.
Perbedaan penyajian kedua
kutipan berita tersebut adalah… (Pemahaman Literal)
A.
Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali
dengan di mana.
B.
Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali
dengan siapa.
C.
Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali
dengan siapa.
D.
Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali
dengan apa.
2. Selama ini, pemerintah
banyak mengalokasikan dana untuk pengadaan mesin pengering gabah. 2)
Diharapkan, mesin pengering gabah bisa menaikkan daya tawar petani di hadapan
Bulog atau pedagang. 3) Maka, pemerintah harus betul-betul memperhatikan nasib
petani. 4) Bukan sekadar janji-janji dan mengklaim memperhatikan petani.
Kalimat yang merupakan fakta adalah nomor… (Pemahaman Literal)
Kalimat yang merupakan fakta adalah nomor… (Pemahaman Literal)
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
3. Sepeda
memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari
sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah
beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari
gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah… (Pemahaman
Inferensial)
A. Sepeda
bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.
B. Sepeda
digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
C. Sepeda
dapat dijumpai di mana pun.
D. Sepeda
sebagai alat transportasi modern.
4. Perhatikan
dengan saksama fabel berjudul “Kupu-kupu Berhati Mulia” berikut!
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah
ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa
berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil
menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
Ia melihat sebuah kepompong di atas
pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke
mana-mana.
“Hei,
kepompong alangkah jelek nasibmu.Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu.Ayo
jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.Bagaimana nasibmu jika ranting itu
patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya
yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban
yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang
yang paling hebat.Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali
berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di
mana-mana.Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam
lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak
sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“
Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang
melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting
itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”
Lalu, sang semut memegang erat ranting
itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian, sang semut berterima kasih
kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji
kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu,
kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku
adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Ternyata,
kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya,
sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua
makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Pesan
atau amanat yang terkandung dari fabel “Kupu-kupu Berhati Mulia” adalah… (Pemahaman Inferensial)
A. Harus
saling menghina
B.
Tidak boleh putus asa.
C.
Harus ikhlas menerima takdir.
D.
Jangan menghina orang lain.
5. Perhatikan
kutipan teks berikut ini!
Monpera atau monumen perjuangan rakyat merupakan salah satu
bangunan kebanggaan warga Palembang. Betapa tidak, monument yang memajang
patung burung garuda di dinding depannya ini dibangun untuk mengenang
perjuangan rakyat Sumatera Selatan melawan penjajah pada masa fisik yang
dikenal dalam Pertempuran Lima Malam. Di sinilah basis para pejuang menggalang
kekuatan dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah… (Penataan
Kembali/Reorganisation)
A. Pemajangan
patung garuda pada Monpera.
B. Bangunan
kebanggaan warga Palembang.
C. Perjuangan
rakyat Sumatera Selatan dalam Monpera.
D. Penanggulangan
rakyat Palembang dalam Monpera.
6. Perhatikan
kutipan teks berikut ini!
Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali […] banyak
[…] orang dewasa. Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan
terutama anak-anak, […] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya […]
kita menjauhkan ponsel dari anak-anak sejak dini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraph
tersebut adalah… (Penataan Kembali/Reorganisation)
A. Sama,
dengan, untuk, kalau.
B. Lebih,
daripada, bagi, jika.
C. Sama,
dengan, kepada, apabila.
D. Lebih,
daripada, meskipun, jika.
7. Bacalah
teks berikut!
Buku berjudul Teori dan Apresiasi Puisi yang ditulis Herman
J. Waluyo ini mengungkapkan teori tentang memahami puisi. Buku ini menyajikan
karya-karya puisi pada zamannya […] Sayang, buku setebal 334 halaman ini
harganya mahal. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh konkret puisi.
Kalimat berisi keunggulan buku yang tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah… (Pemahaman Evaluatif)
A. Buku
ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami.
B. Buku
ini banyak menggunakan istilah asing.
C. Selain
itu juga tidak disertai gambar-gambar ilustrasi.
D. Perwajahan
dan penjilidan buku ini juga kurang bagus.
8. Perhatikan
data buku berikut!
Judul : Ayo Mengenal Kerajinan
Nusantara
Penulis : Rahmi Fitriani
Keunggulan : Isi buku ini menjelaskan tentang
keanekaragaman kerajinan Nusantara. Bahasanya mudah dipahami. Sampul berwarna-warni
disertai gambar.
Kelemahan :
Halaman buku ini terlalu sedikit sehingga tidak terlalu lengkap uraiannya.
Paragraf resensi yang tepat adalah… (Pemahaman Evaluatif)
A. Buku
berjudul Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara ini sangat bagus dan banyak
manfaatnya buat Anda. Karena dengan mudah Anda dapat mengenali produk-produk
dari berbagai daerah.
B. Buku
Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara karya Rahmi Fitriani dengan sampul yang
berwarna-warni perlu Anda beli sebagai koleksi. Buku ini tidak membosankan.
Gambarnya sangat bagus.
C. Buku
Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara dengan warna sampul berwarna-warni dan
bahasanya mudah dipahami, layak Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengenali
keanekaragaman kerajinan Nusantara, namun tidak terlalu lengkap uraiannya.
D. Buku
Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara perlu anda miliki sebagai koleksi. Isinya
sangat lengkap, gambarnya bagus, dan bahasanya tidak membosankan. Marilah kita membeli
buku ini di toko buku.
9. Demi ibunya yang telah bersusah payah
membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh.
Tekadnya ia harus jadi orang sukses. Pada saat ia kuliah di Jerman itu, tahun
1955, di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa
penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. Ketika musim
liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja.
Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda
dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas
untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
Tanggapan
Anda mengenai tokoh di atas adalah… (Apresiasi)
A. Habibie tidak patuh pada orang tua.
B. Habibie belajar
dengan sungguh-sungguh dan pekerja keras.
C. Habibie mencari pengalaman bekerja.
D. Habibie menghamburkan uang dengan
berfoya-foya.
10. Menurut
Anda, cerita tokoh idola yang tepat tentang R.A Kartini adalah… (Apresiasi)
A. Aku
mengidolakan beliau, selain sebagai wanita terpelajar, beliau juga sebagai
tokoh yang mengemban tugas wanita Indonesia. Dengan bukunya yang berjudul
“Habis Gelap Terbitlah Terang” mampu memberikan inspirasi wanita Indonesia
untuk berkarya.
B. Tokoh
ini adalah tokoh idolaku, ia adalah seorang pahlawan dari Aceh, meskipun
seorang wanita, namun itu bukan suatu halangan baginya untuk menumpas penjajah
di tanah air tercinta ini. Ia memang pahlawan wanita Indonesia.
C. Satu-satunya
dan pertama kalinya Presiden RI oleh seorang wanita. Sikap kepemimpinan itu sepertinya
ditularkan oleh ayahnya yang merupakan mantan Presiden RI yang pertama.
D. Penyanyi
muda berbakat yang satu ini mempunyai warna suara yang unik, kepiawaiannya
dalam dunia vokal menghantarkannya menuju gerbang kesuksesan yang ia rengkuh
dengan susah payah. Tak heran jika hingga saat ini dara cantik ini bak bintang
yang tak pernah padam cahayanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar