Rabu, 10 Oktober 2018

Aplikasi Tes Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Tingkat SMA




TUGAS PENGAJARAN MEMBACA
MENYUSUN BAHAN TES MEMBACA PEMAHAMAN
BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET
DOSEN PENGAMPU : AYU WULANDARI, S.Pd., M.Pd.



Description: logo untid.jpg
 


















OLEH :
NAILA NIHAYAH
1710301003



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TIDAR
2018



I.         Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C, atau D, dengan cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!
1.     Bacalah teks berita di bawah ini!
Teks berita I
Puting beliung menyapa Wilayah Kabupaten Pangandaran, Sabtu (26/5). Musibah itu menyebabkan 27 rumah rusak.
Teks berita II
Bertempat di Auditorium Kampus Universitas Tidar sedang dilangsungkan acara seminar kewirausahaan, Sabtu (26/5). Acara tersebut diikuti 1000 peserta dari berbagai mahasiswa dari kampus di Jawa. Pembicara pada kegiatan tersebut adalah Ippho Santosa.
Perbedaan penyajian kedua kutipan berita tersebut adalah… (Pemahaman Literal)
A.   Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan di mana.
B.    Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan siapa.
C.    Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan siapa.
D.   Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan apa.
2.     Selama ini, pemerintah banyak mengalokasikan dana untuk pengadaan mesin pengering gabah. 2) Diharapkan, mesin pengering gabah bisa menaikkan daya tawar petani di hadapan Bulog atau pedagang. 3) Maka, pemerintah harus betul-betul memperhatikan nasib petani. 4) Bukan sekadar janji-janji dan mengklaim memperhatikan petani.
Kalimat yang merupakan fakta adalah nomor…
(Pemahaman Literal)
A.   1
B.    2
C.    3
D.   4
3.     Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah… (Pemahaman Inferensial)
A.   Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.
B.    Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
C.    Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
D.   Sepeda sebagai alat transportasi modern.
4.     Perhatikan dengan saksama fabel berjudul  “Kupu-kupu Berhati Mulia” berikut!
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan  di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu.Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu.Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat.Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana.Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”
Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Pesan atau amanat yang terkandung dari fabel “Kupu-kupu Berhati Mulia” adalah… (Pemahaman Inferensial)
A.   Harus saling menghina
B.    Tidak boleh putus asa.
C.    Harus ikhlas menerima takdir.
D.   Jangan menghina orang lain.
5.     Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Monpera atau monumen perjuangan rakyat merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Palembang. Betapa tidak, monument yang memajang patung burung garuda di dinding depannya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan melawan penjajah pada masa fisik yang dikenal dalam Pertempuran Lima Malam. Di sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah… (Penataan Kembali/Reorganisation)
A.   Pemajangan patung garuda pada Monpera.
B.    Bangunan kebanggaan warga Palembang.
C.    Perjuangan rakyat Sumatera Selatan dalam Monpera.
D.   Penanggulangan rakyat Palembang dalam Monpera.
6.     Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali […] banyak […] orang dewasa. Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama anak-anak, […] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya […] kita menjauhkan ponsel dari anak-anak sejak dini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah… (Penataan Kembali/Reorganisation)
A.   Sama, dengan, untuk, kalau.
B.    Lebih, daripada, bagi, jika.
C.    Sama, dengan, kepada, apabila.
D.   Lebih, daripada, meskipun, jika.
7.     Bacalah teks berikut!
Buku berjudul Teori dan Apresiasi Puisi yang ditulis Herman J. Waluyo ini mengungkapkan teori tentang memahami puisi. Buku ini menyajikan karya-karya puisi pada zamannya […] Sayang, buku setebal 334 halaman ini harganya mahal. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh konkret puisi.
Kalimat berisi keunggulan buku yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah… (Pemahaman Evaluatif)
A.   Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami.
B.    Buku ini banyak menggunakan istilah asing.
C.    Selain itu juga tidak disertai gambar-gambar ilustrasi.
D.   Perwajahan dan penjilidan buku ini juga kurang bagus.
8.     Perhatikan data buku berikut!
Judul                     : Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara
Penulis                  : Rahmi Fitriani
Keunggulan           : Isi buku ini menjelaskan tentang keanekaragaman kerajinan Nusantara. Bahasanya mudah dipahami. Sampul berwarna-warni disertai gambar.
Kelemahan            : Halaman buku ini terlalu sedikit sehingga tidak terlalu lengkap uraiannya.
Paragraf resensi yang tepat adalah… (Pemahaman Evaluatif)
A.   Buku berjudul Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara ini sangat bagus dan banyak manfaatnya buat Anda. Karena dengan mudah Anda dapat mengenali produk-produk dari berbagai daerah.
B.    Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara karya Rahmi Fitriani dengan sampul yang berwarna-warni perlu Anda beli sebagai koleksi. Buku ini tidak membosankan. Gambarnya sangat bagus.
C.    Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara dengan warna sampul berwarna-warni dan bahasanya mudah dipahami, layak Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengenali keanekaragaman kerajinan Nusantara, namun tidak terlalu lengkap uraiannya.
D.   Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara perlu anda miliki sebagai koleksi. Isinya sangat lengkap, gambarnya bagus, dan bahasanya tidak membosankan. Marilah kita membeli buku ini di toko buku.
9.     Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya ia harus jadi orang sukses. Pada saat ia kuliah di Jerman itu, tahun 1955, di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
Tanggapan Anda mengenai tokoh di atas adalah… (Apresiasi)
A.   Habibie tidak patuh pada orang tua.
B.    Habibie belajar dengan sungguh-sungguh dan pekerja keras.
C.    Habibie mencari pengalaman bekerja.
D.   Habibie menghamburkan uang dengan berfoya-foya.
10.  Menurut Anda, cerita tokoh idola yang tepat tentang R.A Kartini adalah… (Apresiasi)
A.   Aku mengidolakan beliau, selain sebagai wanita terpelajar, beliau juga sebagai tokoh yang mengemban tugas wanita Indonesia. Dengan bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” mampu memberikan inspirasi wanita Indonesia untuk berkarya.
B.    Tokoh ini adalah tokoh idolaku, ia adalah seorang pahlawan dari Aceh, meskipun seorang wanita, namun itu bukan suatu halangan baginya untuk menumpas penjajah di tanah air tercinta ini. Ia memang pahlawan wanita Indonesia.
C.    Satu-satunya dan pertama kalinya Presiden RI oleh seorang wanita. Sikap kepemimpinan itu sepertinya ditularkan oleh ayahnya yang merupakan mantan Presiden RI yang pertama.

D.   Penyanyi muda berbakat yang satu ini mempunyai warna suara yang unik, kepiawaiannya dalam dunia vokal menghantarkannya menuju gerbang kesuksesan yang ia rengkuh dengan susah payah. Tak heran jika hingga saat ini dara cantik ini bak bintang yang tak pernah padam cahayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar