RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MA Riyadlotut Thalabah
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Teks Cerita Pendek
Tema :
Pendidikan
Subtema :
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 x Tatap Muka)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita
pendek, baik melalui lisan maupun tulisan.
C. Indikator
3.1.1 Menjelaskan
hakikat teks cerita pendek.
3.1.2 Menjelaskan
ciri-ciri teks cerpen.
3.1.3 Menjelaskan
struktur teks cerita pendek.
3.1.4 Menjelaskan
kaidah kebahasaan teks cerita pendek.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran,
peserta didik dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk
memahami informasi secara lisan dan tulis.
2.
Setelah mencermati, tanya jawab, dan
berdiskusi, peserta didik dapat
menjelaskan hakikat teks cerita pendek.
3.
Setelah mencermati, tanya jawab, dan
berdiskusi, peserta didik dapat
menjelaskan ciri-ciri tek cerita pendek.
4.
Setelah mencermati, tanya jawab, dan
berdiskusi, dan mengerjakan LK, peserta didik
dapat menjelaskan struktur teks
cerita pendek.
5.
Setelah mencermati, tanya jawab,
berdiskusi, dan mengerjakan LK, peserta didik dapat menjelaskan
kaidah/kebahasaan teks cerita pendek.
E. Materi Pembelajaran
1.
Teks cerita pendek “Meraih Impian”.
2.
Teks ceirta pendek “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina”.
3.
Teks cerita pendek “Perihal Orang Miskin yang Bahagia”.
4.
Pengenalan struktur isi teks cerita pendek.
5.
Pengenalan ciri bahasa teks cerita pendek.
F. Metode
Pembelajaran
1.
Metode :
Observasi, diskusi, dan presentasi
2.
Model : Problem
based learning
3.
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific Learning
G. Media
Pembelajaran
1.
Teks
Cerita Pendek.
2.
Papan
tulis.
3.
Laptop.
4.
LCD
Projector.
5.
Slide PowerPoint.
H. Sumber
Belajar
1.
Internet.
2.
Media
massa.
3.
Buku
kumpulan cerpen.
4.
Buku
Teks Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
5.
Buku
yang berkaitan dengan genre teks.
I. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Jenis Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Kompetensi yang Dikembangkan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
|
15 Menit
|
||
|
Orientasi
|
a.
Peserta
didik memberi salam hormat kepada
guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.
Guru
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
c.
Peserta
didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali pembelajaran.
|
Membiasakan sikap religius.
|
|
|
Apersepsi
|
a.
Guru
mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dengan materi
sebelumnya, yaitu : Materi kelas X.
b.
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
c.
Mengajukan
pertanyaan terkait materi yang akan disampaikan.
|
Membiasakan sikap reponsif dan
proaktif serta berani berpendapat dan menghargai pendapat orang lain.
|
|
|
Motivasi
|
a.
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
b.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
|
Mengelola rasa ingin tahu peserta
didik.
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
60 Menit
|
||
|
Mengamati
|
a.
Peserta
didik diberi contoh teks cerpen yang berjudul “Meraih Impian” dan membaca
dengan cermat berkaitan dengan
pengertian/hakikat cerpen.
|
Melatih kesungguhan, ketelitian dalam
mencari informasi.
|
|
|
Menanya
|
b.
Peserta didik secara berkelompok melakukan tanya jawab
(antar anggota kelompok dan kelompok yang lain) tentang stuktur teks yang terdiri dari
argumen, dan penegasan ulang argumen dan kaidah teks yang terdiri dari kalimat tunggal, kalimat majemuk,
dan konjungsi yang belum dipahami dan guru menjelaskan stuktur dan kaidah teks.
c.
Peserta
didik berdiskusi tentang memahami,
menemukan, dan menerapkan struktur
dan kaidah pada teks cerita pendek
yang berjudul “Meraih Impian” dengan saling menghargai pendapat teman.
|
Mengembangkan kreativitas, rasa ingin
tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pemikiran yang kritis.
|
|
|
Mengeksplorasi
|
d.
Secara
berkelompok peserta didik mencatat pokok-pokok
struktur dan kaidah teks cerita pendek yang berjudul “Meraih Impian”.
e.
Peserta didik
berdiskusi membahas
hasil pemahaman teks cerita pendek yang berjudul ”Meraih Impian” dari
kesesuaian srukur dan kaidah teks cerita
pendek.
|
Mengembangkan sikap jujur, teliti,
sopan, menghargai pendapat orang lain serta menerapkan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari.
|
|
|
Mengasosiasi
|
f.
Secara individu peserta didik diberikan lagi teks cerita pendek yang
berjudul “Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina” dan lembar kerja untuk dipahami
dari aspek kebenaran struktur, dan kaidah.
|
Mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, dan tanggung jawab.
|
|
|
Mengomunikasikan
|
g.
Peserta didik secara bergantian mempresentasikan hasil
pekerjaannya.
h.
Peserta didik yang lain menanggapi hasil presentasi
temannya.
|
Membiasakan sikap santun, responsif
dan proakttif serta melatih mental untuk berbicara di depan umum.
|
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
|
15 Menit
|
||
|
|
a.
Peserta
didik dan guru menyimpulkan materi
yang diajarkan tentang teks cerita pendek
berdasarkan struktur dan kaidah.
b.
Peserta didik
melakukan refleksi
terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan
materi.
c.
Peserta
didik mengerjakan evaluasi formatif
berkaitan struktur dan kaidah teks cerita pendek.
d.
Peserta
didik saling bertukar pekerjaan dan
mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.
Peserta didik
memperoleh tugas pengayaan
untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah bahasa teks cerita yang berjudul ”Perihal Orang Miskin yang Bahagia”.
|
Mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan materi yang telah
didapat.
|
|
J. Evaluasi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
Aspek sikap :
a. Penilaian diri
b. Penilaian antar
peserta didik
c. Penilaian
observasi perilaku
Sikap terhadap guru
Sikap terhadap proses pembelajaran
Sikap terhadap materi pejalaran
|
Pengamatan
|
Selama proses pembelajaran
|
Lembar pengamatan/ penskoran
|
2.
|
Aspek pengetahuan :
a. Penugasan
b. Tes lisan
maupun tes tulis
|
Penskoran
|
Penyelesaian soal
|
Lembar pengamatan/ penskoran
|
3.
|
Aspek keterampilan
a. Penilaian
portofolio
b. Penilaian
proyek
c. Penilaian unjuk
kerja
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas secara individu dan kelompok
|
Lembar pengamatan kinerja/ penskoran
|
i. Pedoman penilaian sikap saat proses
pembelajaran (individu)
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Nama
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Santun
|
Responsif
|
Proaktif
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
penskoran sikap :
No
|
Kriteria
|
Interval
|
Skor
|
1.
|
SB (Sangat Baik)
|
89 – 100
|
4
|
2.
|
B (Baik)
|
78 – 88
|
3
|
3.
|
C (Cukup)
|
67 – 77
|
2
|
4.
|
K (Kurang)
|
< 66
|
1
|
ii. Pedoman penskoran pengetahuan
(individu)
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
No
|
Aspek yang dimunculkan
|
Rubrik dan skor
|
1.
|
Merumuskan pengertian atau hakikat teks cerpen
|
Benar dan sebelum waktu : 15 poin
Benar dan tepat waktu : 10 poin
|
2.
|
Mendeskripsikan strukur teks cerpen
|
|
3.
|
Menjelaskan kaidah kebahasaan teks cerpen
|
iii. Pedoman penskoran keterampilan
(individu)
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk instrumen : Produk
c.
Kisi-kisi :
No
|
Aspek yang dimunculkan
|
Skor
|
1.
|
Mendeskripsikan kata, kalimat, dan ungkapan sulit yang
terdapat dalam teks cerpen
|
10 poin
|
2.
|
Mendeskripsikan makna bagian-bagian teks cerpen
|
10 poin
|
3.
|
Mendeskripsikan pesan teks cerpen dalam bentuk paragraf
yang padu dengan memperhatikan ejaan, pilihan
kata, dan kalimat efektif.
|
15 poin
|
iv. Pedoman penskoran presentasi (kelompok)
LEMBAR KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran : ..............................................
Materi : ..............................................
Kelompok : ..............................................
No
|
Nama Peserta didik
|
Kinerja Presentasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Kreativitas
|
Isi Substansi
|
Penyajian Materi
|
Visual
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran presentasi :
No
|
Kriteria
|
Interval
|
Skor
|
1.
|
SB (Sangat Baik)
|
89 – 100
|
4
|
2.
|
B (Baik)
|
78 – 88
|
3
|
3.
|
C (Cukup)
|
67 – 77
|
2
|
4.
|
K (Kurang)
|
< 66
|
1
|
Keterangan :
No
|
Indikator
|
Uraian
|
|
1.
|
Kreativitas
|
Baru, unik, tidak asal berbeda.
|
|
2.
|
Kebenaran substansi
materi
|
§ Sesuai dengan
konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan.
§ Tidak ada bagian
yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan
penempatan gambar, suara dan teks
|
|
3.
|
Penyajian Materi
|
§ Runut sesuai dengan struktur keilmuan
§ Mengikuti alur logika yang jelas
(sistematis) dan bervariasi.
|
|
4.
|
Visual
|
§ Tampilan layar (warna, tata letak
(layout)).
§ Ilustrasi.
|
|
Penghitungan skor
Skor maksimal : 80
poin
Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100)
Skor maksimal
|
Rembang, April 2018
|
Mengetahui,
|
|
Kepala Madrasah
Drs. Hari Wahyono,
M.Pd.
NIP : -
|
Guru Mata Pelajaran
Naila Nihayah
NPM : 1710301003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar